Workshop Penanggulangan Dampak Narkoba dan Napza Bagi Siswa

Sejak kemunculan kasus pertama positif Civid-19 di Indonesia tanggal 2 Maret 2023, jumlah kasus terkonfirmasi positif dan meninggal masih terus meningkat. Pandemi Covid-19 berdampak sistemik dan mengganggu hampir seluruh aspek kehidupan manusia termasuk di bidang pendidikan. Salah satu dampak dari Pandemi Covid-19 bagi dunia pendidikan adalah learning loss. Learning loss merupakan hilangnya pengetahuan dan kemampuan siswa yang bisa dilihat dari menurunnya capaian hasil belajar. Selain iti, learning loss juga berdampak negatif bagi karakter siswa karena tidak adanya komunikasi langsung dalam pembelajaran siswa. Minimnya pengawasan bagi siswa membuat siswa rentan terhadap pengaruh negatif dari lingkungannya, terutama tentang ancaman narkoba dan napza.

Maraknya berita tentang terlibatnya remaja dan pelajar dengan obat-obatan terlarang dan bahaya narkobabaik media televisi dan mefia sosial sangat memprihatinkan bagi orang tua dan guru karena sebagian besar dari mereka adalah pelajar SMA, SMP, dan bahkan SD. Dampak narkoba sangat mempengaruhi mental dan pendidikan bagi para pelajar  saat ini yang diharapkan akan menjadi generasi penerus bangsa. Bangsa Indonesia yang besar harus berupaya untuk membebaskan kaum mudanya dari bahaya narkoba  supaya dapat menyambut masa depan yang gemilang. Namun dengan kemajuan teknologi dan globalisasi informasi bangsa kita menghadapi tantangan besar untuk memerangi penyebaran narkoba. Hingga kini penyebaran narkoba tidak bisa dicegah, hampir semua penduduk dunia dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan kita pernah menerima kabar bahwa berton-ton narkoba dimasukkan ke Indonesia dari negara lain.

Mengingat pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan untuk membentengi para siswa dari pengaruh negatif narkoba maka SMP Negeri 5 Situbondo pada hari Rabu , 14 Juni 2023 mengadakan kegiatan Workshop Penanggulangan Dampak Narkoba dan Napza bagi Siswa tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan TU SMPN 5 Situbondo, serta perwakilan OSIS.