Upacara Peringatan Hari Pahlawan : Pahlawanku Teladanku

           Bertempat di lapangan SMP Negeri 5 Situbondo, jalan PB Sudirman no. 1 Situbondo, SMP Negeri 5 Situbondo menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari  Pahlawan pada hari Kamis, 10 November 2022 dengan mengusung tema Pahlawanku teladanku. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala SMP Negeri 5 Situbondo, Agus Triono, M.Pd. Upacara ini diikuti oleh seluruh guru dan staf TU, serta siswa-siswi SMP Negeri 5 Situbondo. Dalam pidatonya beliau menyampaikan bahwa  peringatan hari Pahlawan
tidak hanya mengingat 10 November sebagai hari untuk mengenang para pahlawan yang telah mengorbankan jiwanya. Namun juga harus mampu mendapatkan inspirasi dan memelihara nilai-nilai yang mereka miliki. Setiap generasi memiliki medan perjuangan yang berbeda. Namun, nilai-nilai dan semangat para pahlawan tersebut tetap relevan hingga kini.
        Marilah kita jadikan hari Pahlawan sebagai pengingat untuk terus mengobarkan semangat juang mewujudkan Indonesia maju. Seperti yang dikatakan Bung Tomo "Selama rakyat Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah putih, maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga". 
         Tujuan pelaksanaan upacara hari Pahlawan tahun 2022, yaitu:
1. Membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.
           Kegiatan ini diakhiri dengan sebuah pementasan teatrikal tentang perjuangan bung Tomo bersama arek-arek Surabaya dalam mempertahankan Surabaya dari penjajah (WS).