SOSIALISASI PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA PENDIDIK

    Pendidikan bersifat dinamis artinya akan mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman. Kita sebagai pendidik harus mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan kondisi siswa saat ini.  Pendidikan  saat ini masuk di era revolusi industry 4.0 yang serba menggunakan digital untuk menyelesaikan urusan pendidikan dan bentuk pelayanan yang lain. Hal tersebut merupakan tantangan didunia pendidikan kususnya bagi tenaga pendidik. Untuk menghadapi tantangan saat ini mau tidak mau tenaga pendidik harus siap meningkatkan kompetensi diantaranya kompetensi Profesional, Paidagogik, Sosial, dan kepribadian.

    SMP Negeri 5Situbondo berupaya untuk mengembangkan potensi tenaga pendidiknya melalui beberapa cara salah satunya dengan mengadakan kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik”.    Kegiatan sosialisasi ini diadakan disekolah sebagai hasil tindak lanjut kegiatan pelatihan yang diikuti oleh Bu Supiyati, S.Pd dan Bu Wiwik Suherlin, S.Pd ditingkat kabupaten. Sosialisasi yang diadakan selama dua hari sifatnya sharing untuk menjawab setiap tantangan dan mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan yang dialami setiap tenaga pendidik selama mereka melaksanakan proses pembelajaran.

    Harapan sekolah dengan adanya kegiatan tersebut setiap tenaga pendidik mampu mengembangkan setiap kompetesi yang dimiliki untuk menghadapi perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Meningkatnya kemampuan tenaga pendidik tentunya akan berimbas terhadap cara mengajar guru didalam kelas diataranya 1) metode yang digunakan, 2) media yang digunakan, 3) tekhnik penilaian penilaian, 4) hasil pendidikan yang diperoleh siswa selama belajar di sekolah kususnya di SMP Negeri 5 Situbondo. Sukses tidaknya suatu pendidikan akan nampak pada perubahan yang terjadi pada siswa dintaranya perubahan cara belajar, perubahan sikap, perubahan keterampilan, penguasaan konsep tentang ilmu yang mereka pelajari. Perubahan harus tetap dilakukan untuk menjadi diri yang lebih baik dan memberkan banyak manfaat bagi orang lain.