POTONG TUMPENG DALAM PERINGATAN HARI GURU NASIONAL DAN HUT PGRI KE-76

    Semarak memperingati Hari Guru Nasioal dan bertepatan HUT PGRI ke-76 yag dilaksanakan di SMP Negeri 5 Situbondo. Perayaan Hari Guru Nasional dan HUTPGRI ke-76 digelar di Aula SMP Negeri 5 Situbondo pada hari kamis, 25 November 2021 yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMP Negeri 5 Situbondo. Perayaan tahun ini berbeda  dengan tahun – tahun sebelumnya. Tahun ini peringatan Hari Guru Nasioal dan HUT PGRI ke – 76 dirayakan dengan menggelar tasyakuran  potong tumpeng bersama dan tak lupa menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

            Tujuan tasyakuran tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena keluarga besar SMP Negeri  5 Situbondo telah diberi kesehatan, ketentraman, dan keberhasilan dalam menjalankan tugas keprofesionalismenya mempersiapkan sumber daya manusia menuju terwujudnya  generasi muda bangsa di tengah – tengah masa pemulihan pandemi covid – 19. Serta keberhasilan dalam mengantarkan peserta didik menjadi insan – insan yang berartabat.

            Dalam acara tersebut kepala sekolah memberikan sambutan yang berisi wejangan kepada Bapak/Ibu Guru sebagai tenaga pendidik  sepatutnya harus memberikan tauladan  kepada peserta didiknya baik saat di kelas (sekolah) maupun di luar sekolah demi keberhasilan bersama. “Sebagai guru kita bukan hanya mengajar saja, tetapi yang lebih utama adalah mendidik,” ujar Muhamad Arif, M.Pd selaku kepala SMP Negeri 5 Situbondo. Guru harus dituntut untuk bisa mendidik peserta didik agar memiliki keterampilan serta karakter yang baik. Tingkat keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar tidak hanya diukur dari tingginya nilai  PD akan tetapi harus diimbangi dengan aklak mulia.

Selain itu, sejalan dengan perkembangan zaman di era globalisasi kepala sekolah mengatakan bahwa seorang pendidik diwajibkan untuk memahami  teknologi informatika. Peranan informasi di sekolah sangat penting dimana dapat mengubah cara penyampaian materi pembelajaran yang bervariasi. Jadi, pada dasarnya pendidik harus melek teknologi dan bisa memanfaatkan teknologi  informasi pada media pebelajaran di kelas. Pendidik harus memiliki wawasan luas, kreatif, inovatif, dan memiliki karakter – karakter positif lainnya.