PELAKSANAN VAKSINASI COVID-19

    SMP Negeri 5 Situbondo telah melaksanakan kegiatan vaksinasi tahap 1 dan 2. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 Agustus 2021 dan  tanggal  20 September. Peserta giat vaksin ini diikuti oleh seluruh peserta didik, keluarga besar dan masyarakat sekitar SMPN 5 Situbondo.

    Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mensukseskan program pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. Dalam kegiatan percepatan vaksin ini, SMPN 5 Situbondo bekerja sama dengan Polres Situbondo, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas Situbondo. Pelaksanaan vaksinasi ini dipantau langsung oleh pihak Polres Situbondio dan Kepala Puskesmas Situbondo.

            Jadwal pelaksananan vaksinasi diatur secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Protokol kesehatan juga diterapkan guna mencegah terjadinmya penyebaran virus Corona. Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Coronavac (SinoVac). Semua peserta diwajibkan membawa fotokopi kartu keluarga sebagai persyaratan registrasi.

            Berikut tahapan-tahapan vaksinasi di SMPN 5 Situbonjdo.

1. Pra-registrasi (pengecekan data awal kelengkapan persyaratan registrasi)

2. Meja screening (pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, dan riwayat kesehatan peserta)

3. Meja injeksi (proses pemberian vaksin)

4. Observasi (proses input data dan cetak sertifikat peserta yang sudah divaksin).

            Dava dan Miftahul Jannatul yang merupakan peserta didik SMPN 5 Situbondo mengungkapkan bahwa setelah selesai divaksin dapat terhindar dari virus Corona dan kegiatan pembelajaran kembali berjalan normal.