Pameran Pesona SPENMASI & Bazar Wirausaha

SMP Negeri 5 Situbondo adalah SMP yang mendukung penuh pengembangan kreatifitas peserta didik disegala bidang. Bukan hanya di akademik saja, namun juga di non-akademik. Salah satu bentuk dukungan sekolah terhadap pengembangan non-akademik siswa adalah disediakannya sebuah kegiatan dalam bentuk Eplorasi Usaha Bidang Kuliner dan Pameran Pesona SPENMASI (Aku Kreatif Maka Aku Keren) dan juga Pentas Seni yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2024. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik dapat mencurahkan segala kemampuan yang dimiliki sesuai dengan  passion dan minat mereka. Hal ini dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan suka cita. Maka dari itu SMP Negeri 5 Situbondo mengadakan Pameran Pesona Spenmasi dan bazar wirausaha dengan tema “ Aku kreatif maka aku keren “
Peserta didik yang memiliki skill atau kemampuan di bidang seni (lukis, gambar, membuat kerajianan tangan/handmade) dapat memilih pameran sebagai fokus kreasi. Sedangkan peserta didik yang gemar memasak atau pandai dibidang penjualan dapat bergabung ke kelompok bazar. Bazar disini tidak hanya makanan dan minuman saja. Peserta didik juga dapat menjual hasil karya yang telah dibuat atau hanya sekedar menjadi reseller (penjual pihak ke-dua). Selanjutnya. Peserta didik dengan minat dan bakat dibidang seni, baik seni tarik suara, menari, menyanyi atau bahkan sebagai pembawa acara, maka bidang yang dapat dipilih adalah pentas seni. Tentu saja sekolah tidak hanya menyediakan pilihan bidang kreatifitas ini tanpa pembimbing. Masing-masing dari bidang mempunyai pembimbing yang kompeten sesuai kompetensinya. Sehingga peserta didik tidak berjalan sendiri, tapi bersatu padu menciptakan sebuah Pameran, Bazar dan Pentas Seni yang bagus.
Pameran, Bazar dan Pentas Seni mendapat sambutan sangat baik dari berbagai kalangan, mulai dari Kepala Sekolah, Wakasek, Guru dan Staf TU, wali murid, dan semua warga sekolah. Hal ini dikarenakan, kegiatan Pameran, Bazar dan Pentas Seni tidak hanya sebagai kegiatan unjuk kreatifitas, namun juga kegiatan pembelajaran bersosial bagi peserta didik. Dengan adanya kegiatan Pameran, Bazar dan Pentas Seni, peserta didik dapat:
1.    Mengembangkan pengendalian atas emosi pribadi
2.    Belajar bersosialisasi positif
3.    Mengembangkan kemampuan komunikasi
4.    Eksplor beragam menu dan seni
5.    Belajar bertanggung jawab