KOMPETENSI SAINS NASIONAL

    KSN bukanlah hal baru, walaupun istilah ini telah mengalami beberapa kali perubahan. Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan diselenggarakan rutin setiap tahun secara terjadwal dengan maksud untuk memberikan motivasi bagi pelajar khususnya tingkat SMP untuk lebih berprestasi dan menunjukkan kemampuannya dibidang sains.

    Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Ditahun ini KSN 2021 mengusung tema"Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat".

    Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya saat ini Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP dilaksanakan dengan menggunakan sebuah media teknologi yaitu teknologi smartphone atau perangkat komputer, hal ini merupakan sebuah terobosan khususnya bagi peserta didik SMP Negeri 5 Situbondo agar lebih memanfaatkan teknologi dengan baik dan mencari informasi-informasi yang positif.

    Dukungan dan motivasi dari sekolah serta guru mata pelajaran IPA,  SMP Negeri 5 Situbondo mengikuti ajang kegiatan KSN dengan harapan untuk lebih mengasah kemampuan peserta didik dibidang sains dan memberikan pengalaman belajar yang lebih luas tentang pembelajaran sains. Bimbingan dilakukan selama 3 bulan secara online dan off line dengan dibimbing Ibu Ernawati mata pelajaran fisika dan bapak Akbar Syahputra mata pelajaran biologi.

    Keuletan, ketelatenan, kesabaran hal yang menjadi kunci bagi guru dan peserta didik untuk mampu menunjukan diri bahwa “kami bisa”. Dan Alhamdulillah Miftahul Jannatul Firdaus membawa nama SMP Negeri 5 Situbondo mampu menunjukkan dirinya di ajang nasional.

     Harapan kami, SMP Negeri 5 Situbondo mampu menunjukkan seluruh bakat peserta didiknya diajang nasional. Jangan pernah lelah untuk berlatih dan memotivasi diri sehingga kepakan sayapmu lebih jauh lagi dan nama SMP Negeri 5 Situbondo menjadi paling spektakuler,sekali lagi “katakan KAMI PASTI BISA”