Kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 5 Situbondo

          Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan fan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, berkepribadian yangmamtap dan mandiri dan tasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

          Untuk mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional tersebut menyangkut manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, SMPN 5 Situbondo menyelenggarakan kegiatan pesantren ramadhan.

          Kegiatan pesantren ramadhan tahun 1444H/2023 M merupakan alternatif yang patut diterapkan dalam rangka mengakomodasi segala potensi kejiwaan yang ada dalam diri siswa agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Dalam kegiatan ini sangat memungkinkan siswa untuk lebih menginternalisasi nilai-nilai agama Islam yang menjadi substansi dan mata pelajaran pendidikan Agama Islam.

Kegiatan pesantren ramadhan ini dilaksanakan mulai tanggal 3 April s.d 5 April 2023 dengan perincian sebagai berikut:
1. Senin, 3 April 2023 untuk kekas 7
2. Selasa, 4 April 2023 untuk kelas 8
3. Rabu, 5 April 2023 untuk kelas 9.

          Dengan pelaksanaan pesantren ramadhan ini bertujuan agar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya ketaqwaan kepada Allah SWT dan peranan penyucian hati dalam meraih prestasi.