IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 5 SITUBONDO

       Pendidikan merupakan aspek yang vital dalam membangun peradaban bangsa di masa depan. Setiap sisi kehidupan selalu membutuhkan kehadiran pendidikan. Melalui pendidikan terjadilah dinamika perkembangan dan pergerakan ke arah yang baik karena pendidikan ditujukan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi diri agar semakin bertumbuh serta berkembang hingga memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik serta memiliki pribadi yang bertanggung jawab. Masa depan suatu bangsa dan negara banyak tergantung dari esensi pendidikan yang diterapkan di dalamnya.

       Pandemi COVID-19 telah telah menyebabkan banyaknya kendala dalam proses pembelajaran di satuan Pendidikan yang memberikan dampak yang cukup signifikan sehingga perlu mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pemerhati pendidikan.

       Selaras dengan Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang merilis pengembangan Kurikulum Merdeka maka SMPN 5 Situbondo melalukan pembenahan dalam mengimplementasikan kurikulum pembejaran dimaksud.

       Penerapan kurikulum merdeka yang di dalamnya berkaitan dengan perencanaan proses belajar agar dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik. Komponen dalam kurikulum juga disusun untuk membantu proses berfikir, selalu berpusat pada peserta didik, konstektual, esensial akuntabel dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.