Gerak Jalan Sehat SPENMASI

       Kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) telah berakhir. Pasca PAS diisi dengan kegiatan lain yang bermanfaat yang merupakan perwujudan dari program kegiatan kesiswaan. Salah satu diantaranya adalah Gerak Jalan Sehat SPENMASI. Gerak jalan sehat merupakan salah satu kegiatan yang menjadi aspirasi warga sekolah SMPN 5 Situbondo. Sebagai olah raga yang murah dan terjangkau dan memberikan banyak manfaat, terutama kesehatan. Kemasan kegiatan ini membawa nuansa yang sederhana namun ramai peserta yang terdiri dari seluruh warga sekolah SMPN 5 Situbondo, bukan hanya sebuah lancarnya acara yang menjadi tujuan utama tetapi sebuah wadah silaturrahmi dan keakraban.

            Gerak jalan sehat SPENMASI ini diikuti oleh seluruh  siswa SMPN 5 Situbondo, guru, dan staf  TU. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) menjalin dan mempererat persatuan di lingkungan sekolah, 2) sebagai ajang silaturrahmi dan keakraban bagi warga sekolah, 3) menjaga kesehatan, 4) memberi hiburan yang segar bagi warga sekolah, 5) mensosialisasikan peduli lingkungan dengan masyarakat sekitar sekolah.

            Untuk memperlancar kegiatan ini, dibuatlah beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh peserta kegiatan, yaitu :

  1. Gerak Jalan Sehat SPENMASI dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis pada minggu ke -2 dan ke -3 di bulan Desember  tahun 2021 , yaitu tanggal 8, 9 Desember dan tanggal 15, 16 Desember 2021 dengan pesertanya sbb :
  1. Hari Rabu, 8 dan 15 Desember 2021 pesertanya : Kelas 7a2 s/d 7f2, 8a2 s/d 8d2, dan 9a2 s/d 9f2
  2. Hari Kamis, 9 dan 16 Desember 2021 pesertanya  : Kelas 7a1 s/d 7f1, 8a1 s/d 8d1 dan 9a1 s/d 9f1
  1. Start dan Finish Lapangan SMPN 5 Situbondo;
  2. Pemberangkatan gerak jalan sehat ini dimulai kelas VII A s/d IX F sebagai peserta kelas paling belakang;
  3. Peserta gerak jalan sehat wajib mengikuti arahan koordinator dan tetap mematuhi protokol kesehatan;
  4. Peserta tiap  kelas dibatasi jarak oleh guru pendamping dan wali ;
  5. Wali Kelas, guru dan stap TU sebagai pendamping siswa selalu di depan siswa dalam perjalanan dan wajib memberi arahan-arahan di jalan kalau diperlukan;
  6. Peserta Gerak jalan sehat dilarang keras merusak lingkungan sekitar jalan dalam perjalanan;
  7. Peserta gerak jalan santai memakai kaos tim olah raga SMP Negeri 5 Situbondo sesuai dengan kaos tim kelas masing-masing dan bersepatu olah raga ;
  8. Konsumsi siswa berasal swadana kelas masing-masing;

 

Rute gerak jalan sehat SPENMASI ini sengaja melalui perkampungan atau lingkungan

masyarakat  sekitar SMPN 5 Situbondo dengan tujuan menanamkan rasa peduli lingkungan kepada siswa SMPN 5 Situbondo. Berikut rute gerak jalan sehat tersebut :

  1. Gerak Jalan Sehat ke-1 tanggal 8 dan 9 Desember 2021 :

RUTE  JALANNYA :

Start  Lapangan SMP Negeri 5 Situbondo, keluar ke timur jalan PB. Sudirman Lewat Trotowar,  ke kiri  masuk Gang Timurnya SMPN 5 Situbondo ke utara tembus Gang Cendana, Gang Cendana ke utara sampai pertigaan paling utara, terus ke barat ke jalan perkampungan karang asem sampai pertigaan Gang Warung Tenang, ke selatan ke kuburan Asta Agung ke kiri sampai TK (Gang TK), ke Timur sampai pertigaan Gang Rahayu , terus belok kanan sekitar 100 meter belok kiri masuk Gang kecil sampai keluar lewat Gang Kuburan (barat SMPN 5), terus masuk ke Finish (Lapangan SMPN 5 Situbondo).

  1. Gerak Jalan Sehat ke-2 tanggal 15 dan 16 Desember 2021:

RUTENYA:

Start  Lapangan SMPN 5 Situbondo, menuju ke barat ke Gang Kuburan, ke utara kemudian ke barat, terus masuk Gang Kecil tembus Gang Rahayu, setelah pertigaan ke utara 100 meter ke barat masuk Gang sampai Sungai,  ke timur lewat jalan sawah-sawah sampa slep penggilingan padi (ada jembatan) ke selatan tembus jalan perkampungan karang asem terus ke timur tembus Gang Cendana ke selatan,  masuk  Gang timurnya SMPN 5  Situbondo terus masuk Finish (lapangan SMPN 5 Situbondo).

            Harapan kami kegiatan seperti ini ke depannya dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan sekolah karena berdampak  positif  baik  bagi warga sekolah maupun  lingkungan  sekitar sekolah.