Gelar Pameran Dalam Rangka Pekan Sholawat Nusantara (PESONA)

              Dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H Pemerintah Kabupaten Situbondo menyelenggarakan Gebyar Maulid dengan mengadakan kegiatan Pekan Sholawat Nusantara (PESONA) Kabupaten Situbondo 2022.

             Acara diselenggarakan selama tujuh hari tujuh malam berturut-turut, yaitu tanggal 20 sampai 25 Oktober 2022 dengan menampilkan berbagai macam perlombaan. Seluruh kegiatan ini terpusat di Alun-Alun Kabupaten Situbondo.

            Salah satu kegiatan ini adalan pameran yang menampilkan hasil karya seni dan kerajinan. SMP Negeri 5 Situbondo juga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pameran ini dengan memamerkan beberapa hasil karya dan kerajinan yang dibuat oleh siswa-siswi SMPN 5 Situbondo, seperti : kaligrafi, lukisan, tempat tissu, baju, dan masih banyak lagi.

           Tujuan akhir dari kegiatan pameran ini adalah sebagai sarana apresiasi dan prestasi. Sebagai sarana apresiasi, pameran bermanfaat sebagai media dalam menyampaikan inspirasi peserta didik sehingga mampu melahirkan tanggapan dan apresiasi dari para pengunjung. Sebagai sarana prestasi, pameran dapat membantu peserta didik untuk berprestasi dan menghasilkan suatu karya yang menginspirasi.