Belajar Demokrasi melalui Pemilihan Ketua OSIS

         Ada hal yang berbeda di halaman SMPN 5 Situbondo. Hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022 adalah hari spesial karena telah diselenggarakan Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS) untuk masa bakti 2022/2023.
          Kegiatan ini penuh kreatif dan berbeda dengan sekolah lain karena pemilihan OSIS digelar layaknya Pemilu (Pemilihan Umum). Sebelum kegiatan Pilketos dilaksanakan KPO (Komisi Pemilihan OSIS) sudah mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilketos. Tahapan tersebut mulai dari jadwal pendaftaran, verifikasi data calon, pengundian nomor urut, masa kampanye, penyampaian visi dan misi kandidat, hari pencoblosan, sidang pleno penetapan kandidat, sampai acara pelantikan dan serah terima jabatan.
           Kegiatan Pilketos dibagi atas 3 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Tiap TPS beranggotakan 6 PPS (Panitian Pemungutan Suara). Keenam anggota PPS memiliki tugas yang berbeda-beda, yaitu:
1. Memverifikasi pemilih yang datang.
2. Memberikan kertas suara.
3. Mengarahkan pemilih.
4. Menjaga kotak suara.
5. Menjaga di pintu keluar.
6. Menjaga keamanan TPS.
            Orang yang memiliki hak suara adalah guru, siswa, dan pegawai TU. Sebelum Pilketos dilaksanakan masing-masing TPS harus mempublikasikan DPT(Daftar Pemilih Tetap). Ketua PPS harus memberikan surat pemungutan suara. Sistem pemilihannya adalah mencoblos gambar kandidat yang dipilih. Kertas suara dikatakan sah apabila pencoblosan sesuai ketentuan. Ketua OSIS terpilih dengan suara terbanyak, sedang penetapan pengurus OSIS dilaksanakan dalam rapat pleno penetapan pengurus OSIS.
           Kegiatan Pilihan Ketua OSIS ini sebagai wadah pembelajaran berdemokrasi dan saling menghargai antarsesama calon. Siapa pun yang terpilih, program kerja pengurus OSIS terpilih harus didukung kandidat oleh seluruh warga sekolah.